logo_header
Agenda :
  • Agenda Tidak Ada

Profil LBH APIK Makassar

Published by - | 13 Juli 2015

LBH APIK Makassar didirikan  pada tanggal 15 Desember 2001 dan  diaktekan pada tanggal 4 Januari 2002 oleh Notaris Soesanto Wibowo, SH.

LBH APIK Makassar adalah organisasi yang bertujuan mewujudkan masyarakat adil, makmur dan demokratis, serta menciptakan kondisi yang setara antara perempuan dan laki laki dalam segala aspek kehidupan baik politik, ekonomi, sosial maupun budaya. Tujuan ini hendaknya dicapai dengan mewujudkan sistem hukum yang berperspektif perempuan yakni sistem hukum yang adil dipandang dari pola hubungan kekuasaan dalam masyarakat, khususnya hubungan perempuan-laki laki dengan terus menerus berupaya menghapuskan ketidakadilan dalam bentuk marjinalisasi (peminggiran secara ekonomi), kekerasan secara fisik, mental atau seksual dan beban berlebihan pada satu pihak.

LBH APIK mempunyai jaringan seazas dimana Sekretariat Bersama diputuskan di LBH APIK Jakarta. Dalam lingkup wilayah Indonesia, LBH APIK tersebar di 18 (delapan belas) provinsi di Indonesia dan salah satunya adalah LBH APIK Makassar.

Berdasarkan nilai-nilai keadilan, kemandirian, emansipasi, persaudaraan, keadilan sosial, non sectarian, dan menolak kekerasan serta memenuhi kaidah-kaidah kelestarian lingkungan, LBH APIK Makassar berupaya memberikan bantuan bagi kaum perempuan pencari keadilan yang lemah secara fisik, ekonomi maupun sosial budaya

VISI :

Terwujudnya masyarakat yang adil dipandang dari pola relasi kekuasaan  dalam masyarakat, khususnya relasi perempuan-laki laki dalam segala aspek kehidupan yang berdasarkan atas sebuah keyakinan bahwa sesungguhnya manusia, perempuan dan laki-laki sama derajat dan martabatnya dan saling membutuhkan satu sama lain

MISI :

Mewujudkan sistem hukum yang adil dipandang dari pola relasi kekuasaan dalam masyarakat, khususnya relasi perempuan-laki laki yang dilandasi dengan ciri-ciri tidak terjadi marjinalisasi, tidak terjadi subordinasi, tidak terjadi stereotyping, tidak terjadi kekerasan fisik, mental dan seksual, tidak terjadi korban berlebihan pada salah satu pihak. Caranya dengan memberikan pembelaan hukum bagi perempuan di dalam dan di luar pengadilan, melakukan penelitian, pengkajian atas kebiakan dan masalah hukum yang timbul, menyelenggarakan pembelajaran guna mendorong terjadinya perubahan sikap serta tercipta sistem hukum dan kebijakan yang adil dan berperspektif gender

AKTIVITAS DAN PROGRAM KERJA

  1. Pelayanan hukum, konsultasi hukum, pendampingan dan pembelaan di luar dan di dalam pengadilan bagi perempuan pencari keadilan dan kelompok rentan lainnya, misalnya : penyandang Disabilitas, LGBTI, HIV/AIDS dan korban ketidakadilan lainnya.
  2. Pelatihan dan pendidikan masa untuk para advokat, pengacara, buruh, mahasiswa, ibu RT, komunitas miskin kota/desa, paralegal khususnya perempuan untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat tentang nilai-nilai hukum berkeadilan gender.
  3. Kajian, publikasi informasi dan dokumentasi tentang :

 

SUSUNAN ORGANISASI

Direktur : Rosmiati Sain,SH
Keuangan :

Sulastri,SE

Yusuf Syukur,SE
Div.Pelayanan Dan Bantuan Hukum :

Andi Nurhayati,SH

ST.Nurfaida,SH

Rocxy,SH

Div.Dokumentasi, Publikasi dan Informasi :

Bayu Lesmana,SH

Ibnu Hajar

Div.Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat :

Ir Emma Rahmayanti

Div.Kampanye dan Perubahan Kebijakan : Jusniati Lestari

ALAMAT KANTOR

LBH APIK MAKASSAR

Jln Perintis Kemerdekaan Km 12

Perumahan Budi Daya Permai Blok D No 3 Makassar

Telpon/fax :  (0411) 590147

e-mail        :  lbh apikmks@yahoo.co.idlbh apikmks@yahoo.co.id

Laboratorium & Klinik Hukum
Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin

Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar
Sulawesi Selatan 90245 - Indonesia
Phone/Fax: (0411) 587-219
Website: http://klinikhukum.unhas.ac.id
E-Mail: klinikhukum@unhas.ac.id

STATISTIK
Web Browser :
Unknown ?
IP Address :
23.20.166.68
Total Hits Halaman :
011236
Total Pengunjung :
005290
WEBLINK
Universitas Hasanuddin
Yayasan Konservasi Laut Indonesia
LBH-Apik Makassar
Copyright © 2015 | Laboratorium & Klinik Hukum Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin
Developed By : Datametric