UNIVERSITAS HASANUDDIN FAKULTAS HUKUM PROGRAM STUDI SARJANA HUKUM ADMINISTRASI NEGARA |
Kode Dokumen: |
||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
|||||||
MATA KULIAH (MK): |
Kode: |
Rumpun MK: |
Bobot (sks): 4 |
Semester: |
Tanggal Penyusunan: |
||
HUKUM ADMINISTRASI NEGARA |
208B2114 |
Hukum Administrasi Negara |
T = 4 |
P = 0 |
III |
Agustus 2020 |
|
OTORISASI
Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Inovasi Prof. Dr. Hamzah Halim, SH, MH |
Pengembang RPS: |
Koordinator RMK: |
Ketua Prodi: |
||||
Prof. Dr. Abdul Razak, S.H., M.H. |
Prof. Dr. Abdul Razak, S.H., M.H. |
Prof. Dr. Achmad Ruslan, S.H., M.H. |
|||||
Capaian Pembelajaran (CP) |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|||||
CPL 1 |
Mampu menginternalisasi budi pekerti luhur dan moral Pancasila |
||||||
CPL 2 |
Mampu bekerja secara mandiri maupun berkelompok |
||||||
CPL 3 |
Mampu berkomunikasi secara verbal dan bentuk tertulis |
||||||
CPL 4 |
Mampu membangun argumentasi dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis |
||||||
CPL 5 |
Mampu menganalisis konsep teoritis dasar-dasar keilmuan dalam bidang hukum administrasi negara |
||||||
CPL 7 |
Mampu merancang konsep penyelesaian masalah dalam kasus hukum bidang administrasi negara melalui penerapan metode berpikir yuridis, berdasarkan pengetahuan teoritis dan peraturan perundang-undangan |
||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
||||||
CPMK |
Mampu menganalisis konsep-konsep dasar dalam dalam konteks penyelenggaraan administrasi negara atau pemerintahan sebagai modal dalam pemecahan masalah-masalah hukum khususnya di bidang pemerintahan (eksekutif). |
||||||
CPL Sub-CPMK |
|
||||||
CPL-1 |
Sub-CPMK 1 Mampu menjabarkan materi pendahuluan HAN |
||||||
CPL-1,3,5 |
Sub-CPMK 2 Mampu menghubungkan HAN dengan HTN |
||||||
CPL-1,2,5 |
Sub-CPMK 3 Mampu menjabarkan sumber-sumber hukum administrasi negara |
||||||
CPL-1,2,5 |
Sub-CPMK 4 Mampu menjabarkan kedudukan hukum pemerintah |
||||||
CPL-1,2,5 |
Sub-CPMK 5 Mampu menjabarkan kewenangan pemerintah |
||||||
CPL-1,2,5 |
Sub-CPMK 6 Mampu menganalisis mengenai diskresi |
||||||
CPL-1,3,5 |
Sub-CPMK 7 Mampu mengelompokkan macam-macam tindakan pemerintahan |
||||||
CPL-1,4,7 |
Sub-CPMK 8 Mampu membedakan instrumen pemerintahan |
||||||
CPL-1,3,5 |
Sub-CPMK 9 Mampu menjabarkan Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik (AUPB) |
||||||
CPL-1,4,7 |
Sub-CPMK 10 Mampu membedakan jenis penyalahgunaan wewenang |
||||||
CPL-1,4,7 |
Sub-CPMK 11 Mampu membedakan bentuk pengawasan yang dapat dilakukan pemerintah |
||||||
CPL-1,4,7 |
Sub-CPMK 12 Mampu menganalisis perlindungan hukum kepada masyarakat dan pertanggung jawaban hukum Pemerintah |
||||||
CPL-1,4,7 |
Sub-CPMK 13 Mampu menganalisis kewenangan Peradilan Tata Usaha Negara |
||||||
CPL-1,3,5 |
Sub-CPMK 14 Mampu membedakan sanksi administrasi |
||||||
Deskripsi Singkat MK |
Deskripsi singkat matakuliah ini membahas mengenai Pengertian dan ruang lingkup HAN, Peristilahan, Perkembangan HAN, Hubungan HAN dengan Hukum Tata Negara, Sumber-sumber Hukum Administrasi Negara, Pengertian Pemerintah/Pemerintahan, Kedudukan hukum pemerintah, Wewenang pemerintahan, Diskresi, Tindakan Pemerintahan, Instrumen hukum Pemerintahan, AUPB, Penyelahgunaan Wewenang, Pengawasan, Perlindungan hukum dan Pertanggung jawaban hukum Pemerintah, PTUN, Penegakan hukum dalam HAN dan Sanksi-sansksi. |
||||||
Bahan Kajian/Materi Pembelajaran |
Pengertian dan ruang lingkup HAN, Peristilahan, Perkembangan HAN, Hubungan HAN dengan Hukum Tata Negara, Sumber-sumber Hukum Administrasi Negara, Pengertian Pemerintah/Pemerintahan, Kedudukan hukum pemerintah, Wewenang pemerintahan, Diskresi, Tindakan Pemerintahan, Instrumen hukum Pemerintahan, AUPB, Penyelahgunaan Wewenang, Pengawasan, Perlindungan hukum dan Pertanggung jawaban hukum Pemerintah, PTUN, Penegakan hukum dalam HAN dan Sanksi-sansksi. |
||||||
Pustaka |
Utama: |
|
|||||
|
|||||||
Pendukung: |
|
||||||
|
|||||||
Dosen Pengampu |
Prof. Dr. Abdul Razak, S.H., M.H. Prof. Dr. Marthen Arie, S.H., M.H. Prof. Dr. Marwati Riza, S.H., M.Si. Dr. Anshory Illyas, S.H., M.H. |
Dr. Andi Bau Inggit AR, S.H., M.H. Ariani Arifin, S.H., M.H. Dian Utami Mas Bakar, S.H., M.H. Ruslan Hambali, S.H.,M.H. |
|||||
Mata Kuliah Syarat |
Ilmu Negara, Hukum Tata Negara |
||||||
Pekan ke- |
Sub-CPMK |
Penilaian |
Bentuk Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Penugasan Mahasiswa (Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran (Pustaka) |
Bobot Penilaian (%) |
||
Indikator |
Bentuk & Kriteria |
Luring (Offline) |
Daring (online) |
||||
1-3 |
Mampu menjabarkan materi pendahuluan HAN |
|
Bentuk: Tertulis (Tugas dan Latihan)
Kriteria: 7-9 = tepat menjabarkan 3 sub materi, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, tepat waktu 4-6 = tepat menjabarkan 2 sub materi, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, tepat waktu 1-3 = tepat menjabarkan 1 sub materi, mampu mengemukakan pendapat dengan kurang baik.
|
Tatap Muka (Pilihan) (2x50 menit)
|
Tatap Maya (2x50 menit):
BM (2x60 menit):
PT (2x60 menit):
|
Pendahuluan:
Pustaka:
|
9 |
4 |
Mampu menghubungkan HAN dengan HTN |
|
Bentuk: Tertulis (Latihan)
Kriteria: 3-4 = tepat menghubungankan materi, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, tepat waktu 1-2 = kurang tepat menghubungankan materi, mampu mengemukakan pendapat dengan cukup baik, tepat waktu |
Tatap Muka (2x50 menit)
|
Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit):
BM (2x60 menit):
PT (2x60 menit):
|
Hubungan HAN dengan Hukum Tata Negara
Pustaka:
|
4
|
5 |
Mampu menjabarkan sumber-sumber hukum administrasi negara |
Question material
|
Bentuk: Tertulis (Tugas) dan Diskusi
Kriteria: 3-4 = mampu menjabarkan 3 sub materi dengan baik, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, tepat waktu, aktif 1-2 = mampu menjabarkan 3 sub materi dengan cukup baik, mampu mengemukakan pendapat dengan cukup baik, tepat waktu, kurang aktif
|
TM (Pilihan) (2x50 menit):
|
Tatap Maya (2x50 menit)
BM (2x60 menit):
PT (2x60 menit):
|
Sumber-sumber Hukum Administrasi Negara.
Pustaka:
|
4 |
6-7 |
Mampu menjabarkan kedudukan hukum pemerintah |
question material
|
Bentuk: Tertulis (Latihan dan Tugas) dan Diskusi
Kriteria: 4-6 = mampu menjabarkan 2 sub materi dengan baik, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, aktif 1-3 = mampu menjabarkan 1 sub materi dengan cukup baik, mampu mengemukakan pendapat dengan cukup baik, aktif
|
Tatap Muka (2x50 menit):
|
Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit):
BM (2x60 menit):
PT (2x60 menit):
|
Pengertian Pemerintah/Pemerintahan; Kedudukan hukum pemerintah:
Pustaka:
|
6 |
8-9 |
Mampu menjabarkan kewenangan pemerintah |
question material
|
Bentuk: Tertulis (Latihan dan Tugas) dan Diskusi
Kriteria: 4-6 = mampu menjabarkan 2 sub materi dengan baik, aktif 1-3 = mampu menjabarkan 1 sub materi dengan baik, aktif
|
Tatap Muka (2x50 menit):
|
Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit):
BM (2x60 menit):
PT (2x60 menit):
|
Wewenang pemerintahan
Pustaka:
|
6 |
10-11 |
Mampu menganalisis mengenai diskresi |
question material
|
Bentuk: Tertulis (Tugas) dan Diskusi
Kriteria: 4-6 = mampu menganalisis materi dengan baik, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, aktif 1-3 = mampu menganalisis materi dengan cukup baik, mampu mengemukakan pendapat dengan cukup baik, aktif
|
Tatap Muka (2x50 menit):
|
Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit):
BM (2x60 menit):
PT (2x60 menit):
|
Kebebasan bertindak (diskresi).
Pustaka:
|
6 |
12 |
Mampu mengelompokkan macam-macam tindakan pemerintahan |
|
Bentuk: Tertulis (Tugas)
Kriteria: 3-4 = mampu mengelompokkan materi dengan baik, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, aktif 1-2 = mampu mengelompokkan materi dengan cukup baik, mampu mengemukakan pendapat dengan cukup baik, aktif
|
Tatap Muka (Pilihan) (2x50 menit)
|
Tatap Maya (2x50 menit):
BM (2x60 menit):
PT (2x60 menit):
|
Tindakan Pemerintahan
Pustaka:
|
4 |
13-20 |
Mampu membedakan instrumen pemerintahan |
|
Bentuk: Tertulis (Latihan dan Tugas), Case Study dan Diskusi
Kriteria: Setiap 1 materi diberikan bobot nilai = @4 jika mampu membedakan materi dengan baik, tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan baik, aktif, tepat menganalisis kasus |
TM (2x50 menit):
|
Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit)
BM (2x60 menit):
PT (2x60 menit):
|
Pengertian Instrumen pemerintahan; Instrumen hukum pemerintahan:
Pustaka:
|
24 |
21-22 |
Mampu menjabarkan Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik (AUPB) |
|
Bentuk: Tertulis (Tugas)
Kriteria: 4-6= mampu menjabarkan 3 sub materi, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, tepat waktu 1-3 = mampu menjabarkan 2 sub materi, mampu mengemukakan pendapat dengan cukup baik, tepat waktu
|
TM (2x50 menit):
|
Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit)
BM (2x60 menit):
PT (2x60 menit):
|
Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik.
Pustaka:
|
6 |
23 |
Mampu membedakan jenis penyalahgunaan wewenang |
|
Bentuk: Tertulis (Tugas) dan Case Study
Kriteria: 3-4 = tepat membedakan materi, aktif, tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan baik 1-2 = kurang tepat membedakan materi, aktif, tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan cukup baik
|
Tatap Muka (2x50 menit):
|
Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit)
BM (2x60 menit):
PT (2x60 menit):
|
Penyalahgunaan wewenang;
Pustaka:
|
4 |
24-25 |
Mampu membedakan bentuk pengawasan yang dapat dilakukan pemerintah |
|
Bentuk: Tertulis (Tugas) dan Case Study
Kriteria: 4-6 = tepat membedakan bentuk pengawasan yang dapat dilakukan pemerintah, tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan baik 1-3 = kurang tepat membedakan bentuk pengawasan yang dapat dilakukan pemerintah, tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan cukup baik
|
Tatap Muka (Pilihan) (2x50 menit):
|
Tatap Maya (2x50 menit)
BM (2x60 menit):
PT (2x60 menit):
|
Pengawasan;
Pustaka:
|
6 |
26-27 |
Mampu menganalisis perlindungan hukum kepada masyarakat dan pertanggung jawaban hukum Pemerintah |
|
Bentuk: Tertulis (Latihan dan Tugas) dan Case Study
Kriteria: 4-6 = tepat menganalisis materi, tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan baik 1-3 = kurang tepat menganalisis materi, tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan cukup baik |
Tatap Muka (Pilihan) (2x50 menit):
|
Tatap Maya (2x50 menit)
BM (2x60 menit):
PT (2x60 menit):
|
Perlindungan hukum; Pertanggung jawaban hukum Pemerintah; Sengketa Tindakan Pemerintahan; Sengketa Perbuatan Melanggar Hukum
Pustaka:
|
6 |
28-30 |
Mampu menganalisis kewenangan Peradilan Tata Usaha Negara |
|
Bentuk: Tertulis (Tugas) dan Case Study
Kriteria: 7-9 = tepat menganalisis 3 sub materi, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, tepat waktu 4-6 = tepat menganalisis 2 sub materi, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, tepat waktu 1-3 = tepat menganalisis 1 sub materi, mampu mengemukakan pendapat dengan kurang baik.
|
Tatap Muka (2x50 menit):
|
Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit)
BM (2x60 menit):
PT (2x60 menit):
|
PTUN:
Pustaka:
UU PTUN |
9 |
31-32 |
Mampu membedakan sanksi administrasi |
|
Bentuk: Tertulis (Tugas)
Kriteria: 4-6 = tepat membedakan sanksi, administratif tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan baik 1-3 = kurang tepat membedakan sanksi administratif, tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan cukup baik
|
TM (2x50 menit):
|
Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit)
BM (2x60 menit):
PT (2x60 menit):
|
Penegakan hukum dalam HAN dan Sanksi-sansksi :
Pustaka:
|
6 |